Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai Gejala Penyakit Multiple Sclerosis yang Merusak Saraf

Waspadai Gejala Penyakit Multiple Sclerosis yang Merusak Saraf

Multiple Sclerosis adalah kondisi dimana kekebalan tubuh menyerang dan merusak lapisan sistem saraf dalam tubuh, biasanya yang dirusak adalah selubung mielin atau pelindung saraf.

Masalah ini mampu merusak tubuh anda, terutama dalam mengkordanasi semua anggota tubuh. Mengidentifikasi gejala penyakit ini penting demi menghambat kerusakan yang lebih parah.

Namun, gejala penyakit ini kadang dianggap biasa lalu dibiarkan saja. Nah Dilansir dari laman Vix.com, Berikut ada gejala penyakit multiple sclerosis yang wajib anda ketahui:

1. Mudah mengalami kelelahan

Anda patut waspada apabila anda sering mengalami kelelahan yang sangat sering, apalagi jika kelelahan ini ditimbulkan bukan karena aktifitas yang berat bisa jadi ini adalah salah satu tanda MS.

2. Mudah depresi atau stres

Memburuknya penyakit ini dapat menyebabkan perubahan dalam mental dan emosional individu, yang mengarah ke depresif gangguan, kecemasan, hingga gangguan bipolar.

3. Mulai sulit berbicara

MS juga dapat melemahkan otot-otot dalam tubuh biasanya ini berdampak pada kesulitan berbicara, menelan makanan dan minuman.

4. Kordinasi tubuh yang semakin sulit

MS yang lebih parah dapat mempengaruhi kordinasi tubuh, anda mungkin akan mudah linglung saat berjalan karena tubuh anda akan mudah bergemetar.

5. Nyeri di bagian tubuh tertentu

MS juga dapat membuat bagian tubuh tertentu seperti punggung, panggul, pergelangan kaki hingga tangan terasa nyeri.

Nah, itu dia beberapa gejala MS yang wajib anda ketahui, penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan karena obatnya belum ada. Sehingga anda wajib sekali waspadi apabila ada gejala diatas agar penyakit ini lebih bisa mudah ditangani apabila dalam kondisi ringan.