Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gagal Ginjal Bisa Dipicu Oleh Darah Tinggi, Nih Cara Mengatasinya

Gagal Ginjal Bisa Dipicu Oleh Darah Tinggi, Nih Cara Mengatasinya

Gagal Ginjal ternyata bisa dipicu oleh masalah kesehatan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Lebih parahnya saat ini banyak orang yang mengidap hipertensi yang masih sulit terdeksi bahkan anggkanya cukup tinggi sekitar 76%. 

Tentu hal ini membuat banyak orang merasa was-was, sebab penyakit hipertensi saja bisa merenggut nyawa apalagi jika ditambah dengan komplikasi dengan masalah kesehatan organ ginjal. 

Tekanan darah tinggi sendiri merupakan masalah kesehatan yang dipicu oleh kerusakan pada pembuluh darah dikarenakan adanya penyempitan dinding pembuluh darah karena lemak yang menumpuk. 

Jika pembuluh darah tersebut mengalami masalah secara langsung hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada organ ginjal anda, sebab pada ginjal kamu pun terdapat pembuluh darah. 

Nah untuk itu perlu perhatian khsusus bagi mereka yang memiliki masalah tekanan darahnya hal ini demi mencegah terjadinya komplikasi pada masalah kesehatan lainnya yakni masalah kesehatan organ ginjal. 

Untuk itu, berikut ini ada beberapa langkah yang kamu bisa lakukan agar hipertensi tak memicu terjadinya kerusakan pada organ ginjal. Apa saja? berikut ulasannya:

1. Kontrol berat badan anda

Berat badan berlebih cenderung memiliki kandungan lemak yang banyak yang bisa menjadi pemicu terjadinya penumupkan lemak di pembuluh darah. Untuk itu kamu harus segera mengontrol berat badan kamu, usahakan berat badan kamu dalam kondisi ideal.

2. Kurangi asupan makanan tinggi garam

Sebaiknya kamu mulai berhenti makan makanan yang mngandung garam yang banayk. Seperti snack asin atau apapun yang mengandung banyak garam

3. Olahraga secara rutin

Kamu juga harus melakukan aktivitas fisik secara reguler, Luangkan waktumu 5-6 jam per minggu untuk berolahraga ya.

4. Usir pikiran negatif

Jangan terlalu banyak pikiran, apalagi jika pikiran tersebut cenderung negatif. karena pikiran negatif adalah pemicu terbaik untuk menaikan tekanan darah kamu.