Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Bahaya Mengkonsumsi Gula Secara Berlebih

Ini Bahaya Mengkonsumsi Gula Secara Berlebih

Asupan gula untuk tubuh memang sangat penting. Fungsi utamanya adalah untuk pasokan energi untuk beraktivitas setiap harinya. Namun mengkonsumsi gula dalam jumlah berlebih sangat kurang baik untuk tubuh. 

Dalam sebuah riset yang dilakukan Kementrian kesehatan Republik Indonesia, Asupan gula untuk orang dewasa dibatasi hanya 50 gram saja. Nah apabila kamu mengkonsumsi secara berlebih risiko-risiko berikut ini akan meningkat.

Risiko Terkena diabetes

Mengkonsumsi gula dalam jumlah yang banyak berisiko meningkatkan terjadinya diabetes, hal ini disebabkan oleh rusaknya sistem hormon insulin karena jumlah glukosa yang masuk dalam aliran darah cukup banyak.

Risiko terjadinya Kerusakan hati

Saat kamu mengkomsusi gula dalam jumlah banyak ini juga akan meningkatkan jumlah fruktosa dalam aliran darah. Hal ini buruk untuk hati, sebab bisa membebani hati dengan terjadinya perlemakan di organ hati. Ini juga berisiko meningkatkan terjadinya kanker di hati.

Berisiko Kerusakan gigi

Makanan manis yang tinggi gula apalagi gula buatan bisa membuat gigi kamu rusak. Untuk itu kamu harus segera mengontrol asupan gula kamu dan juga harus rajin memperhatikan kesehatan gigi kamu ya.

Berisiko menjadi Candu

Gula juga memiliki efek adiktif yang mempengaruhi otak mengeluarkan zat penenang. Hal inilah yang bisa memicu banyak orang yang gemar suka makan makanan tinggi gula yang menyebabkan obesitas. Nah itulah beberapa bahaya apabila kamu mengkonsumsi gula dalam jumlah berelbih. Ayo kurangi dan kontrol asupan gula kamu. Jaga kesehatan sedini mungkin.