Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lima Fakta Tentang Sembelit Yang Harus Anda Ketahui


Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang paling umum terjadi di indonesia. Tapi apakah kalian benar benar tahu tentang penyakit ini? Jika tidak berikut kami telah memgumpulkan beberapa fakta mengenai Sembelit yang patut Anda ketahui.

1. Pengertian Sembelit

Sembelit adalah masalah pencernaan dimana sesorang mengalami kesulitan untuk buang air besar selama benerapa periode. Baik hari atau minggu. Biasanya sembelit di sebabkan oleh tinja yang mengeras yang menyebabkan sulit untuk dibuang. Biasanya sembelit diikuti oleh rasa kembung pada perut dah kehilangan nafsu makan yang cukup drastis.

2. Faktor penyebab

Sembelit tidak selalu akibat dari diet yang tidak seimbang. Sembelit juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti stres, kurang olahraga, penyakit lain, dan obat-obatan. Wanita hamil juga rentan terhadap sembelit karena perubahan hormonal yang mengendurkan otot usus dan menyebabkan ia memperlambat gerakan usus.

3. Jenis sembelit

Yang pertama adalah sembelit akut. Biasanya sembelit ini hanya benerapa hari saja. Sedangkan Jenis lainnya adalah sembelit kronis. Tidak seperti sembelit akut, sembelit kronis berlangsung dalam jangka waktu yang lama. sembelit kronis biasanya disebabkan oleh beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit lain.

4. Sembelit mempemharuhi organ Lainnya

Jika sembelit tidak ditangani, dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Ketika Anda terus berusaha untuk mengeluarkan tinja, dapat menyebabkan robekan pada lapisan dubur. dapat mengakibatkan pendarahan dan nyeri selama dan setelah melewati tinja.

5. Cara untuk menangani sembelit

Karena ada banyak penyebab sembelit, setiap kasus mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda. Selain hatis memeriksakan ke dokter, anda juga bisa menanganinya yerlebih dahilu dengan meningkatkan asupan makanan kaya serat dan minum air putih sebanyak mungkin.